Senin, 05 Juli 2010

Senyum Yuk…!!!


Siapa sih yang nggak senang ngelihat orang murah senyum? Wajahnya, jadi tampak segar dan ceria, seolah memiliki semangat tiada habisnya.Lewat senyum tersebut, seolah-olah kita mendapatkan tambahan energi dan ikut semangat lagi.Namun, apakah hanya sebatas itu manfaat dari senyuman?.Tentu tidak, hal mudah yang terkadang manusia susah banget bahkan lupa untuk lakukan tersebut, ternyata mempunyai beragam manfaat bagi kita semua lhoo…!
Secara fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat timbulnya gerakan dibibir atau di sekitar mata.Di seluruh dunia, senyum merupakan cara yang baik untuk menyampaikan rasa bahagia kita kepada orang lain.Senyum tidak hanya membuat kita tampak lebih menarik di mata orang lain.Senyum juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar lho! Beberapa studi menunjukkan bahwa senyum ternyat bisa mencegah penyakit.
Penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk bisa dicegah dengan sering tersenyum.Saat kita tersenyum, kondisi tubuh kita lebih rileks itulah yang membuat kekebalan tubuh kita meningkat.Dengan seringnya kita rileks, tingkat kecemasan menurun drastic.Hal itu berdampa besar pada peredaran darah.Nggak percaya? Coba cek tekanan darahmu dirumah sebelum dan sesudah tersenyum beberapa saat.
Orang-orang dengan kecemasan dan depresi lebih juga disarankan sering tersenyum.Sebab, depresi sangat berbahaya bagi tubuh, bisa mengakibatkan penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi.Tahu kana pa yang terjadi kalau arteri tersumbat dan tekanan darah jadi tinggi? Yup, kita bakal terancam serangan jantung!!! Serem kan?
Pantesan aja Karina Davidson dari pusat Medis Universitas Columbia, Amerika Serikat, punya kesimpulan khusus.Dia menyebutkan bahwa orang yang suka cemberut lebih berpeluang terkena penyakit jantung.
Selain bisa mencegah penyakit dari yang sepele seperti flu hingga yang gawat seperti serangan jantung, senyum bisa memperpanjang umur.Menurut Pak Ernest L. Abel dari Wayne State University, Detroit, Amerika Serikat, Orang yang sering tersenyum lebar memiliki umur lebih panjang.terutama jika dibandingkan dengan yang malas tersenyum.
Pernyataan Pak Abel itu emang bener banget.Para ahli di Wayne State University mempelajari 230 foto pemain liga bisbol yang dicetak dalam Baseball Register pada 1952.Setiap pemain terdaftar statistik, seperti tanggal lahir, berat badan, status perkawinan, dan rincian pekerjaan.
Penelitian itu memeringkat tiap pemain berdasar apakah mereka tidak tersenyum sama sekali dan tersenyum sebagian.Para peneliti kemudian membandingkan foto dengan masa hidup setiap pemain.hasil penelitian menunjukkan bahwa 184 pemain yang sekarang sudah meninggal berada di kategori “tidak tersenyum” dan memiliki kehidupan rata-rata 72,9 tahun.
Mereka yang tersenyum sebagian memiliki umur lebih dari 75 tahun.Tetapi, mereka yang tersenyum lebar memiliki kehidupan rata-rata hingga 79,9 tahun.Gimana, pengin memiliki umur panjang? Senyum dong…!!!

0 komentar:

Posting Komentar