Kamis, 15 Maret 2012

Manajemen Stress


Stres merupakan istilah umum yang diaplikasikan sebagai tekanan hidup yang sering dirasakan semua orang dalam hidupnya. Terjadinya stres di tempat kerja hampir tidak dapat dihindari dalam banyak jenis pekerjaan.
1. Sebab- Sebab Stres
Ada tiga kategori potensi yang dapat memicu terjadinya stres, yaitu karena disebabkan beberapa hal:
a.Faktor-Faktor Lingkungan
Selain mempengaruhi desain struktur sebuah organisasi, ketidakpastian lingkungan juga memengaruhi tingkat stres para karyawan dalam organisaisi.
b. Faktor-faktor Organisasi
Tidak sedikit faktor didalam organisasi yang dapat menyebabkan stres. Tekanan untuk menghindari kesalahan atau menyelesaikan tugas dalam jangka waktu yang sangat mepet, beban krja yang berlebihan
c. Faktor-faktor Pribadi.  
Seseorang biasanya bekerja sekitar 40 sampai 50 jam seminggu. Tetapi pengalaman dan masalah yang dihadapi orang dalam waktu 120 jam lebih diluar jam kerja setiap minggunya dapat terbawa ke dunia kerja. Karena itu, kategori terakhir kita meliputi faktor-faktor dalam kehidupan pribadi karyawan.
2.  Mengelola Stres
a. Manajemen Waktu
Banyak orang yang tidak dapat melakukan manajemen waktu dengan baik. Segala sesuatu yang harus mereka selesaikan dalam hitungan hari atau jam, tidak sampai pada luar perhitungan mereka, jika mereka melakukan manajemen waktu dengan baik. Seorang karyawan yang mengorganisasikan dirinya dengan baik, sering kali dapat mencapai hasil dua kali lebih banyak daripada karyawan yang tidak baik dala mengorganisasikan diri. Jadi penggunaan prinsip dasar manajemen waktu dapat membantu mereka dalam mengatasi tunututan kerja yang lebih baik.
b. Latihan Fisik
Latihan fisik seperti, aerobik, latihan jalan dan jogging, berenang dan bersepeda telah lama direkomendasikan oleh para dokter sebagai cara untuk mengatasi tingkatan stres yang sangat baik. Bentuk-bentuk latihan ini dapat meningkatkan kapasitas jantung dan menawarkan car-cara untuk melepaskan diri dari ketegangan. Terutama kalau dilakukan dengan bersama teman-tean atau orang dekat kita.
c. Dukungan Sosial
Memiliki banyak kawan, keluarga, atau teman sekerja untuk teman bicara dapat memberikan jalan keluar ketika tingkat stres menjadi meningkat. Oleh karena itu, mengembangkan jaringan dukungan sosial (silaturahim) dapat berperan dalam pengurangan ketegangan.
d. Konseling
Konseling adalah diskusi sebuah probblem yang biasanya memiliki unsur emosional dengan seorang karyawan supaya dapat membantunya mengatasi emosinya agar lebih baik
Konseling itu memiliki cara-cara untuk memperbaiki kesehatan jiwa karyawan. Memiliki kesehatan jiwa lebih baik berarti bahwa  orang itu merasa bahagia tentang dirinya merasa baik-baik saja dengan orang lain, dan dapat memenuhi tuntutan hidupnya.







0 komentar:

Posting Komentar