Sabtu, 24 September 2011

Makna Mudik...

            Cerita soal perjalanan mudik memang tiada habis untuk diperbincangkan, terutama ketika mendekati hari lebaran tiba. Mulai dari berbagai status dan foto-foto kemeriahan lebaran yang langsung ditayangkan dan diunggah dalam berbagai jejaring sosial.
            Meskipun perkembangan teknologi sekarang ini mampu mendekatkan yang jauh, tanpa harus bersentuhan secara fisik, momen lebaran tetap terasa kurang pas jika tidak dirayakan bersama keluarga besar dikampung halaman. Terutama bermaaf-maafan dengan orang tua dan juga sanak keluarga dekat yang menjadi salah satu "ritual" utama setelah melakukan shalat ied.
            Bagi seorang perantau, kembali ke kampung halaman saat lebaran menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Justru momen inilah yang ditunggu-tunggu setiap tahun, untuk sekaligus melepas rindu dengan sanak saudara di kampung halaman. Ada banyak hal yang didapatkan saat mudik, yaitu yang tak mampu digantikan oleh teknologi secanggih apa pun. Yakni, juga untuk bernostalgia dengan masa kecil, mengenang kembali dahulu ketika dibesarkan di kampung halaman. Dari ajang berkumpul inilah, biasanya juga hadir beragam kisah dan sejarah keluarga.  
         Di sisi lain, mudik juga dapat memberikan manfaat bagi daerah yang dilalui oleh jalur mudik. Khususnya untuk bisnis pariwisata, yang semakin ramai ketika lebaran tiba. Meskipun, hampir setiap tahun mereka bertemu dengan antrean ja;an raya  yang semakin tahun terus meningkat, Tapi hal itu tak mampu untuk menghalangi para pemudik pulang ke kampung halamannya.Mudik gak kemarin..?

0 komentar:

Posting Komentar