Sabtu, 14 Mei 2011

Secuil Harapan



Bersabarlah….Semua Pasti ada HIKMAH-nya

Masih teringat jelas dalam ingatanku, salah satu pesan yang diberikan oleh ustadzku di Desa ketika aku hendak menempuh pendidikan di Surabaya. Ketika itu, ustadzku bilang “Dimanapun kamu tinggal, terutama di lingkungan pesantren, kamu harus rela berkorban. Baik itu berkorban dengan hartamu, dengan waktu yang kamu miliki, maupun berkorban perasaan sekalipun”.

Itulah nasehat yang beliau berikan pada waktu itu, meskipun sudah hampir tiga tahun kata-kata itu beliau ucapkan, namun hal itu selalu menjadi renunganku ketika aku merasa risau.

Aku tahu bahwa setiap orang itu pasti punya masalah-masalah hidup yang sedang dihadapinya. Hingga ia meninggal dunia, bahkan setelah kematian pun masih ada masalah yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya. Jadi semua orang tidak akan pernah lepas dari permasalahan.

Itulah kehidupan...

Ada cerita dari sahabatku, yang menceritakan “Kadang kita itu sudah berbuat yang terbaik, tetapi ternyata hal itu malah menjadi bahan tawa semua teman-teman”. Apakah ada yang salah dengan diri kita..?
Kita tahu bahwa semua perbuatan yang kita lakukan itu harus dilandasi dengan keikhlasan. Sebab bila tidak hal itu akan membuat hati kita sakit, kecewa dan merasa tidak terima bila perbuatan kita ditertawai oleh orang lain.

Namun, dimanakah letak pengorbanan perasaan yang harus kita berikan seperti yang disampaikan ustadku tadi bila dihubungkan dengan keihklasan tersebut?, terus apakah sikap kita menerima begitu saja ejekan teman kita ?

Tentu tidak, namun kesabaran dalam memberikan yang terbaik bagi semua orang bahkan orang yang menghina kita. Itulah keikhlasan dan pengorbanan yang harus kita berikan seperti kata ustadzku tadi.

Oleh sebab itu sahabatku…
Bersabarlah…..Semua Pasti ada Hikmahnya!!!  

0 komentar:

Posting Komentar