Senin, 23 Juli 2012

Jangan Suka Menghina Orang Lain

Terkadang seseorang ada yang diberi karunia lebih dari Allah Swt. Entah itu karunia dilapangkan rezekinya, diangkat derajatnya, dianugerahi rupa yang menawan, kekuasaan yang luas, dan karunia dari Allah Swt lainnya.
Sehingga dengan adanya karunia tersebut, tidak sedikit yang dia terlena. Mereka memandang orang lain lebih rendah, lebih hina. Sehingga akan muncul dalam diri orang tersebut sikap sombong, yang pada akhirnya menghina orang lain yang lebih rendah darinya.

Apakah ada sikap yang satu ini dalam diri kita...? Waspada...waspada...!!

Perlu kita buka kembali kisah dari seorang Profesor dengan si Pendayung. Kisah yang insyaallah bisa memberikan pelajaran bagi kita untuk tidak berlaku sombong dan  meremehkan orang lain. Simak nie...!

Di suatu pulau terpencil ada seorang Profesor yang sedang melakukan penelitian. Profesor ini bekerja dari pagi sampai petang, hingga waktu petang pun tiba, Profesor pun bersiap-siap untuk pulang dan kembali keperkemahan. Ketika berada diperjalanan, Profesor bertemu dengan si Pendayung. Karena perkemahan dengan tempat penelitian harus menyeberangi sungai.

Ketika berada di atas perahu, terjadilah dialog antara Profesor tersebut dengan si Pendayung;

Profesor: “Wahai si Pendayung...apakah kamu pernah belajar Kimia...?”
Si Pendayung: “Tidak pernah”.
Profesor: “Berarti 20% hidupmu, telah terbuang sia-sia”. Kemudian Profesor bertanya lagi, “apakah kamu pernah belajar biologi?”.
“Tidak pernah”.Jawab si Pendayung.
“Berarti 35% hidupmu, telah terbuang sia-sia”. kata Profesor.
Hingga kemudian langit pun mendung akan turun hujan. Tiba-tiba si Pendayung tadi bertanya kepada Profesor.
“Apakah anda pernah belajar berenang?”. Tanya si Pendayung.
“Tidak pernah”, kata Profesor.
“Berarti 100% hidup anda telah terbuang sia-sia, karena perahu ini bocor dan sebentar lagi akan tenggelam”, kata si Pendayung.

1 komentar:

The Journey mengatakan...

lupa akan hakikat nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada kitalah yang seringkali membuat kita menganggap orang lain lebih rendah.

Kita berlindung kepada-Nya agar dijauhkan dari semua itu!!!

Posting Komentar